Rabu, 04 Desember 2013

SEMANGAAAT! ~



Ingin hidup bahagia? Tapi banyak masalah? Wah.. saya ada sedikit (baru dapat) trik-nya nih.
Oke, ikuti trik-trik jitu dibawah ini yah;
1.    Lepaskan rasa khawatir dan ketakutan.
Ingat! Lepaskan. Buang rasa khawatir, jangan pikirkan itu karena itu dapat membuat anda ketakutan. Pernah gak anda dengar kata-kata seperti ini, “sesungguhnya bukan ketakutan yang membuat anda khawatir, tetapi khawatirlah yang membuat anda ketakutan”. Jadi, jangan khawatir, all is well in shaa Allah ~

2.    Buanglah dendam.
Dendam. Perasaan yang (sudah) mesti anda buang. satu titik tinta hitam diatas kertas putih akan terlihat kotor bukan? Seperti itulah hati seorang manusia. Hati itu ibaratkan kertas putih, bersih tanpa noda. Dan tetapi tinta hitam itu ibaratkan perasaan buruk anda terhadap sesuatu. Apabila sudah dinodai oleh satu titik tinta hitam, bisa jadi titik-titik tinta hitam lain juga akan menodai kertas putih anda.

3.    Berhenti mengeluh.
Mengeluh itu tidak ada gunanya dalam menghadapi suatu persoalan. Ia hanya akan menambah persoalan. Kebanyakan mengeluh itu dapat memicu otak anda untuk mem-positif-kan apa yang anda ucapkan. Misal; Ah.. lelah banget kuliah hari ini, tugas numpuk. Bikin stres aje ni dosen!
Nah, ucapan seperti itu sangatlah berbahaya. Kalau guru saya dulu bilang kalaulah anda mengeluh apalagi sampai mem-vonis diri sendiri STRESS, maka stress lah anda! Perkataan adalah do’a. Itu yang sering anda dengar bukan? Cobalah anda bayangkan, seandainya disaat anda mengatakan, “Aku STRESSSSS...” maka disaat itulah Allah swt. mengabulkan do’a kita. Apa yang akan terjadi? Jawab sendiri.

4.    Bila ada masalah, selesaikan satu persatu.
Jangan lari dari masalah. Kata-kata itu juga sering anda dengar, pasti.  Jikalau anda memiliki masalah, selesaikan. Selesaikan satu persatu. Bukankah seorang pemimpin itu selalu memiliki permasalahan dan selalu berhasil dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahanya? Ayoolah, jangan cepat menyerah. Saya yakin anda mampu. Allah tidak memberi ujian diluar batas kemampuan hamba-Nya.

5.    Tidurlah dengan nyenyak.
Disaat anda tidur, maka tidurlah. Jangan membawa persoalan yang sedang anda hadapi kedalam tidur anda. Biarkan persoalan itu hanya ada dikehidupan nyata anda, jangan biarkan ia merusak mimpi (dalam) tidur anda.

6.    Jauhi urusan orang lain.
Jangan suka mengurusi urusan yang bukan hak anda untuk mengurusinya. Masing-masing manusia mempunyai persoalan sendiri dan masing-masing manusia memiliki cara tersendiri dalam menyelesaikan persoalannya itu.

7.    Hiduplah untuk saat ini. Bukan masa lalu.
Yang lalu biarkan berlalu. Jangan anda pikirkan lagi. Itu akan merusak kebahagiaan anda sekarang ini. Setiap manusia memiliki masa lalu, buruk ataukah bagus itu hanyalah masa lalu. Lalu, jadikan masa lalu itu sebagai guru. Masa lalu (yang) buruk yang pernah anda lalui, jangan sampai terulang lagi untuk kedua kalinya. Dan anda pastilah lebih paham dan tau apa yang harus anda lakukan agar masa lalu buruk yang pernah menimpa anda tidak terulang lagi.

8.    Jadilah pendengar yang baik.
Disaat anda diberi petuah oleh sahabat-sahabat anda dalam menghadapi persoalan hidup ini, dengarkan. Ambil yang baik, tinggalkan yang buruk.
Allah swt. telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya. Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada orang lain. Allah swt juga telah memberi kita anggota tubuh yang lengkap. Dua mata, sepasang kaki-tangan, satu hidung, dua telinga dan satu mulut. Allah memberi itu semua ada fungsinya, tidak ada yang sia-sia. Allah swt. memberi dua telinga dan satu mulut menandakan bahwa Allah swt. menginginkan hambaNya untuk lebih banyak mendengar daripada berbicara. Bukan berarti kita dilarang untuk berbicara. Bukan.. ! berbicara yang baik atau diam. Mendengar sesuatu hal yang (baik) dapat kita sampaikan kepada orang lain dan dapat memberi manfaat kepada orang banyak. Begitu! ~

9.    Berpikirlah positif.
Pikiran yang jernih akan menghasilkan suatu hal yang jernih pula.  Begitu pula sebaliknya. Allah swt. sendiri menyuruh hambaNya untuk terus berprasangka baik (positif) padaNya dalam keadaan apapun, karena kasih sayangNya mendahului murkaNya. Apalagi kita (yang hanya) manusia biasa? #ThinkAgain.

10. Bersyukurlah...
Banyak orang yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Ada yang hidup dalam keluarga yang berada, ada pula yang sebaliknya. Tetapi kenapa kita juga sering mendengar “wah... hidup kayak dia enak banget ya, mobil ada 2. Rumah ada 5. Belum lagi apartemen bokapnya” dll sebagainya. Ini hanya sebagai contoh. Tidakkah kita berpikir bahwa masih banyak diluar sana yang makan saja harus mengemis, ada yang ingin sekolah tapi orang tuanya tidak memiliki biaya yang cukup untuk menyekolahkannya, ada yang harus sekolah dalam keadaan basah, menyebrang sungai. Mereka tidak memiliki sepeda, motor, apalagi mobil! Jangankan mobil, untuk uang jajan saja mungkin mereka tidak punya karena orang tuanya memang tidak memiliki uang lebih. Berbeda dengan kita yang hidup di perkotaan yang (kebanyakan) orang tua kita ada lah (walaupun tidak semua). Maka sering-seringlah melihat kebawah, jangan (selalu) melihat keatas. Lalu, bersyukurlah.

Itu saja trik-trik jitu dari saya. Semoga dapat dipahami maksud saya. Jangan lupa di implementasikan ya cemans-cemans. Semoga bermanfaat. ^-^

0 komentar:

Posting Komentar

 

Jejak Cerita Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template